Total Tayangan Halaman

Kamis, 22 November 2012

LA siak ke 3 : CARDFILE & INVENTORY


LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM

Mata Praktikum           : SIAK
Kelas                           : 2IA23
Praktikum Ke-             : 3
Tanggal                        : 9 November 2012
Materi                          : CARDFILE & INVENTORY
NPM                           : 50411241
Nama                          : Aditya Putra Sisworo
Ketua Asisten              :
Nama Asisten              :
Paraf Asisten               :


Jumlah Lembar            : 5  lembar




Laboratorium Informatika
Universitas Gunadarma
2012
LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT CARDFILE DAN INVENTORY MENGGUNAKAN MYOB
Pada praktikum ketiga ini adalah langkah-langkah membuat cardfile dan inventory dengan menggunakan aplikasi myob. Disini menggunakan aplikasi myob versi 15. Untuk memulai nya, buka aplikasi myob dan akan muncul seperti gambar dibawah ini.
MEMBUAT CARDFILE:

1.      Klik open untuk membuka program yang sudah dibuat. Lalu pilih program yang sudah dibuat sebelumnya.

2.      Pada menu bar pilih menu cardfile, lalu klik cardlist.

3.      Kemudian tampil seperti gambar diatas. Menu customer digunakan untuk menginput data pelanggan yang berhubungan dengan perusahaan, dan menu vendor digunakan untuk menginput data supplier barang perusahaan. Untuk mengisi data klik new pada bagian bawah.

4.      Kemudian Isi data diatas sesuai dengan data yang telah dibuat. Pada program ini, data sudah disediakan seperti pada gambar dibawah ini. Setelah terisi sesuai pada bloknya, lalu klik ok.


5.      Setelah selesai memasukkan data maka akan seperti pada gambar diatas. Jika klik menu costumer maka akan tampil list pelanggan. Jika klik vendor maka akan tampil list pemasok.

MEMBUAT INVENTORY:

1.      Pada menu bar pilih menu inventory, lalu klik item list.

2.      Kemudian tampil seperti gambar diatas. Pada menu sold digunakan untuk melihat barang apa saja yang akan dijual dan menu bought digunakan untuk melihat barang apa saja yang dibeli. Untuk mengisi data klik new pada bagian bawah.

3.      Lalu isi nomor item dan nama yang ingin dimasukkan datanya. Lalu check list pada semua check box. Pilih accout yang akan digunakan. Akun yang pertama isi dengan nomor akun 5 barang dagangan, yang kedua isi dengan nomor akun 4 penjualan dan yang terakhir isi dengan nomor akun 1 persediaan barang.

4.      Pilih menu buying details, lalu jika ingin memberi pajak maka beri tand check list pada check box pada gambar di atas.

5.      Pilih menu selling details, check list pada check box untuk memberi nilai pajak. Untuk memasukkan harga per unit barang, isi nilai barang pada base selling price. Lalu klik OK.

6.      Maka  akan tampil daftar seperti gambar diatas. Untuk mengisi barang yang akan dijual dan dibeli lagi, bisa mengulang langkah-langkah diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar